Jumat, 03 Juni 2011

Amankan Account Facebook Dari Serangan Hacker

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan kata-kata facebook, yup icon smile Amankan Account Facebook Dari Serangan Hacker salah satu situs jejaring sosial ini memang bisa dikatakan sangat populer terutama di negara kita tercinta ini, indonesia menjadi pengguna facebook terbesar di dunia. namun seringkali kita mendengar cerita dari teman kita kalau account facebooknya tidak bisa diakses dan ternyata sudah ada yang merubah password dan segala macam informasi yang bisa digunakan oleh pemilik account aslinya sebagai jalan untuk recovery password.


Cara-cara yang dapat kita gunakan untuk mencegah account kita di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan password facebook anda terdiri dari huruf kapital, huruf kecil dan angka.. dengan ketiga kombinasi tersebut akan membuat sang hacker pusing dalam menerka karena password itu sifatnya case sensitive jadi salah satu huruf saja yang berbeda kapital atau tidaknya maka password dianggap salah. untuk panjang password saya menyarankan menggunakan lebih dari 10 karakter dan jangan sampai mudah ditebak orang lain !.
  2. Masih diseputaran masalah password, jangan pernah gunakan password yang sama antara password facebook dengan password email anda. karena jika passwordnya sama berarti hacker sudah mengambil alih email anda dan anda akan lebih sulit lagi untuk melakukan recovery password.
  3. Jangan pernah melakukan login dari halaman utama facebook, tetapi login melalui alamat https://login.facebook.com/login.php?login_attempt=1. mengapa demikian ? karena halaman utama facebook itu tidak terenkripsi sedangkan alamat yang kedua tadi menggunakan enkripsi, cara untuk mengetahui suatu halaman terenkripsi atau tidak bisa dilihat dari protokolnya. http:// untuk tidak terenkripsi (tidak aman) dan https:// untuk terenkripsi (aman).
  4. Selalu lakukan log out setiap kali anda menghentikan aktifitas facebook, jika pada komputer pribadi hal ini tidak terlalu menjadi masalah besar tetapi jika anda mengakses melalui warnet tentu saja ini masalah besar karena kemungkinan orang lain dapat mengakses akun anda tanpa harus bersusah payah.
  5. Setiap kali anda memasukkan email dan password pasti browser akan menampilkan pertanyaan untuk menyimpan email dan password tadi. sebaiknya jangan lakukan ini dimanapun, karena jika anda meng “iya” kan pertanyaan browser tadi maka orang lain bisa mengakses account anda hanya dengan cara mengetik email kemudian enter.
  6. Hati-hati dalam memberikan akses kepada sebuah aplikasi facebook, beberapa aplikasi telah terbukti dijadikan jalan untuk mencuri data-data pribadi anda.
  7. Hati-hati dalam mengakses facebook menggunakan Wi-Fi, karena dengan jaringan ini akan sangat mudah bagi seseorang untuk mencuri informasi yang masuk dan keluar dari notebook anda. lebih baik gunakan firewall jika tidak ingin hal ini terjadi.
  8. Ketika anda di warnet usahakan selalu menggunakan on-screen keyboard karena biasanya ada banyak user warnet lain yang mencoba memasang key logger yang tujuannya tak lain untuk mendapatkan password anda, tetapi dengan OSK pun masih bisa diintip dari komputer operator jadi pastikan operator warnet itu bisa dipercaya icon smile Amankan Account Facebook Dari Serangan Hacker . dan jika terpaksa menggunakan keyboard maka sebaiknya jangan langsung anda ketik password anda tetapi ketiklah sesuatu lalu hapus satu atau dua huruf kemudian ketik lagi dan hapus lagi sampai berkali-kali berulah anda ketik passwordnya.
Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar:

  1. tolong segera sertakan link sumber http://www.arif4651.co.tv, saya tunggu secepatnya ! this is your first warning, better don't do it again !

    BalasHapus